logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Curup

Jl. Basuki Rahmat No. 15, Curup, Kabupaten Rejang Lebong , Provinsi Bengkulu 39112

ELMARI

eRaTeRang

KomDaNas

SiKep

SiMARI

SIPP Pengadilan

SIPP Pengadilan Tinggi

SiWas

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum
  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Bimbingan Teknis Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu Di Pengadilan Tinggi Bandung

      dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Kualitas Asesor Dari Penngadilan Tinggi Dalam Melakukan Evaluasi Sesuai Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (apm), Maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum  Melaksanakan Bimbingan Teknis Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu Di Pengadilan Tinggi Bandung. Kegiatan Diadakan Di Kota Bandung, Pada 11-13 Oktober 2021. Kegiatan Ini Dihadiri Dan Dibuka Langsung Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, H. Mas Hushendar, Sh., Mh.

      tim Asesor Ditjen Badilum Dipimpin Oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, Sh, Mh, Dan Kegiatan Bimbingan Teknis Ini Diikuti Oleh Para Hakim Tinggi Di Lingkungan pengadilan Tinggi Bandung.

    • Peninjauan Lokasi Pembangunan Pengadilan Terpadu Di Kalimantan Utara

      pelaksanaan Kegiatan Peninjauan Lokasi Pembangunan Pengadilan Terpadu Di Wilayah Hukum Provinsi Kalimantan Utara Dihadiri Oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Tim Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Selor Beserta Jajaranya, Ketua Pengadilan Agama Tanjung Selor Beserta Jajarannya, Tim Dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kalimantan Utara. Peninjauan Ini Dilaksanakan Pada Hari Kamis Tanggal 25 November 2021.

      dari Hasil Penjelasan Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kalimantan Utara Bahwa Site Plan Yang Sudah Ada Masih Perlu Dilakukan Revisi Tentang Penetapan Lokasi Pengadilan Terpadu Tersebut. Kondisi Lahan Masih Belum Ada Pematangan Lahan Dimana Kondisinya Masih Hutan Dan Tanah Gambut, Dimana Belum Dilakukan Penimbunan Tanah. Dengan Luas Tanah Lebih Kurang 5 Hektar. Untuk Sertifikat Hibah Dari Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara Belum Ada, Karena Masih Menunggu Revisi Letak Pengadilan Terpadu Tersebut Berdasarkan Site Plan. Mengenai Tindak Lanjut Revisi Tersebut Atas Info Dari Tim Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kalimantan Utara Akan Dilakukan Rapat Bersama Unsur Pimpinan.

       lokasi Di Kabupaten Tanjung Selor Ini Akan Dibangun Kompleks Dengan Rincian Sebagai Berikut :1. Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara2. Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Utara3. Pengadilan Negeri Tanjung Selor4. Pengadilan Agama Tanjung Selor5. Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Selor6. Pengadilan Militer, Dan;7. Tempat Ibadah / Masjid

    • Penugasan Peserta Sosialisasi Seleksi Dan Penjaringan Calon Hakim Agung Dan Calon Hakim Ad Hoc Di Mahkamah Agung R.i.

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      sosialisasi Seleksi Calon Hakim Agung Dan Calon Hakim Adhoc .pdf 476 Kb40
    • Pemanggilan Peserta Fit And Proper Test Calon Asisten Hakim Agung T.a. 2021

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pemanggilan Fit And Proper Test Calon Asisten Hakim Agung.pdf 167 Kb622
    • Pemanggilan Peserta Fit And Proper Test Calon Hakim Yustisial Yang Diperbantukan Pada Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung R.i. T.a. 2021

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pemanggilan Fit And Proper Test Calon Yustisial Hakim Pada Biro Hukum Dan Humas.pdf 152 Kb459
    • Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu Pada Pengadilan Tinggi Bandung

      pada Hari Rabu, 24 November 2021, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menyelenggarakan Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu (apm) Pada Pengadilan Tinggi Bandung. Tim Surveilans Dari Ditjen Badilum Dipimpin Oleh Zahlisa Vitalita Sh, Mh (direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum). Surveilans Bertujuan Untuk Menjaga Kualitas Layanan Dan Administrasi Di Pengadilan Tinggi Bandung Sesuai Standar Akreditasi Penjaminan Mutu.

      surveilans Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Dr. Herri Swantoro, Sh. Mh Dan Diikuti Oleh Para Hakim, Panitera Dan Staf Pada Pengadilan Tinggi Bandung. Pada Surveilans Dilakukan Pemantauan Kesesuaian Pada Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi Di Pengadilan Tinggi Bandung.

    • Hasil Seleksi Administrasi Ppnpn Di Ditjen Badilum Tahun 2021

      pengumuman Ppnpn Ditjen Badilum 2021.pdf

    • Pemanggilan Peserta Pelatihan Penanganan Tppu Di Bidang Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pemanggilan Peserta Pelatihan Penanganan Tppu Di Bidang Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Secara Online.pdf 452 Kb822
    • Penilaian Zona Integritas Di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Oleh Kemen Panrb

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Mengikuti Penilaian Pembangunan Zona Integritas (zi) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (wbk) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (wbbm) Yang Dilakukan Oleh Tim Penilai Nasional (tpn) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (kemenpanrb) Yang Dilaksanakan Secara Online Pada Hari Kamis, 18 November 2021.

      pada Penilaian Ini Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, Sh, Mh Memberikan Presentasi Tentang Program Yang Telah Dilakukan Sesuai Dengan 6 (enam) Area Pembangunan Zona Integritas Yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

      seusai Presentasi, Dilakukan Tanya Jawab Antara Kemenpan Rb Dan Tim Pembangunan Zi Mengenai Program Dan Inovasi Yang Telah Dilaksanakan, Seperti Aplikasi Layanan Elektronik Terpadu (lentera), Aplikasi Survei Pelayanan Elektronik (sisuper) Dan Aplikasi Pengawasan Eksekusi Perara (perkusi).

      dalam Presentasi Ini, Hadir Para Pejabat Eselon Ii Dan Koordinator Area Pembangunan Zi Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Penilaian Ini Dilakukan Secara Daring (online) Dengan Pendampingan Dari Badan Pengawasan Mari.

    • Rapat Evaluasi Pengelolaan Anggaran Ditjen Badilum Ta 2021

      dalam Mempersiapkan Akhir Tanggun Anggaran 2021, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Rapat Evaluasi Pengelolaan Anggaran Dan Persiapan Langkah-langkah Akhir Tahun Ta 2021 Pada Hari Kamis, 18 November 2021 Di Ruang Commad Center Ditjen Badilum. Rapat Ini Dipimpin Langsung Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Drs. Wahyudin. M.si Selaku Kuasa Pengguna Anggaran (kpa) Dan Dihadiri Kepala Bagian Perencanaan Dan Keuangan, Kurnia Arry Soelaksono, Se, Sh, M.hum, Para Pengelola Keuangan, Pejabat Pembuat Komitmen (ppk) Dan Bendahara Di Lingkungan Ditjen Badilum.

      dalam Rapat, Kuasa Pengguna Anggaran Berpesan Agar Pengelolan Anggaran Dijalankan Dengan Optimal Untuk Menghindari Risiko Seperti Pagu Minus, Rendahnya Angka Serapan Atau Adanya Tagihan Dan Kotrak Yang Tidak Terbayarkan. Selain Itu Semua Kegiatan Yang Sudah Dianggarkan Harus Dilaksanakan Sesuai Dengan Perencanaan Yang Telah Dibuat Di Awal Tahun Anggaran.

    • Pengisian Formasi Hakim Yustisial Mahkamah Agung R.i.

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Edaran Pengisian Formasi Hakim Yustisial Mari.pdf 125 Kb1232
    • Pelaksanaan Rapat Keka Pengadilan Negeri Kelas Ib Dan Ii

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      persiapan Rapat Keka 336 Kb297
    • Penangguhan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 1691/dju/sk/ps.00/12/2020

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      1209_dju_ps_00_11_2021 277 Kb483
    • Perubahan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 1633/dju/sk/ot.01.4/10/2016 Tentang Visi Dan Misi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      sk_visi_misi_2021 1477 Kb567
    • Sosialisasi Evaluasi Pembangunan Zi Menuju Wbk Dan Wbbm

      tim Pembangunan Zona Integritas (zi) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menghadiri Sosialisasi Evaluasi Pembangunan Zi Menuju Wbk (wilayah Bebas Dari Korupsi) Dan Wbbm (wilayah Birokrasi Bersih Melayani) Yang Diselenggarakan Secara Daring (online) Oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri Pada Hari Kamis, 11 November 2021.

      sosialisasi Ini Diberikan Langsung Oleh Plt. Kepala Badan Pengawasan Dwiarso Budi Santiarto, S.h., M.hum Dengan Dihadiri Oleh 73 Calon Unit Kerja Berpredikat Menuju Wbbm Dan 241 Calon Unit Kerja Berpredikat Menuju Wbk. Sosialisasi Dilaksanakan Dalam Rangka Persiapan Penilaian Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi (kemenpan Rb).

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi S.h., M.h., Memimpin tim Pembangunan Zona Integritas (zi) Ditjen Badilum Dalam Menghadiri Rapat Sosialisasi Ini, Dengan Didapmpingi Para Pejabat Eselon Ii Dan Para Koordinator Area.

    • Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Restoratif Keadilan Di Malang

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Kembali Mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif (restorative Justice), Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Para Penegak Hukum Dalam Mengelola Perkara. Kegiatan Bimbingan Teknis Ini Bertempat Di Atria Hotel Kota Malang, Provinsi Jawa Timur Pada Tanggal 9-11 November 2021.

      kegiatan Dibuka Secara Daring Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi S.h., M.h., Dengan Dihadiri Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis, Dr. Lucas Prakoso, S.h. M. Hum Dan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Zaid Umar Bobsaid,s.h.,m.h, Dengan Peserta Dari Para Ketua Pengadilan Negeri, Hakim, Panitera, Panitera Muda Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Serta Jaksa, Polresta Malang, Dan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Wilayah Malang. Pembicara Pada Kegiatan Ini Termasuk Narasumber Dari Mahkamah Agung Ri, Kepolisian Daerah Jawa Timur , Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dan Hakim Tinggi Yang Sudah Berpengalaman Dalam Menangani Perkara Berbasis Keadilan Restoratif .

    • Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Tentang Pemberlakuan Aplikasi Sistem Informasi Pembinaan Administrasi Peradilan Umum (sipapu)

    • Diskusi Panel Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Di Lingkungan Peradilan Umum

      mengakhiri Kegiatan Rangkaian Rapat Koordinasi Dan Pembinaan Yang Dilakukan Di Hotel Trans Resort Bali, Pada Hari Jumat, 5 November 2021, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (ditjen Badilum) Mengadakan Diskusi Panel Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Di Lingkungan Peradilan Umum. Diskusi Dipimpin Langsung Yang Mulia Hakim Agung Selaku Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, dr. Prim Haryadi, S. H., M. H., Dengan Didampingi Para Pejabat Eselon Ii Ditjen Badilum.

      diskusi Ini Membahas Permasalahan Yang Ada Di Lingkungan Peradilan Umum Saat Ini, Seperti Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu, Pembangunan Zona Integritas, Penyerapan Anggaran, Kebutuhan Tenaga Teknis Hakim, Panitera Dan Juru Sita, Serta Pelaksanaan Program Nasional Berupa Sosialisi Dan Bimbingan Teknis Keadilan Restoratif.

      dalam Diskusi, Para Ketua Pengadilan Tinggi Secara Antusias Menyampaikan Kondisi Di Satuan Kerja Di Lingkungannya Kepada Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum. Permasalahan Yang Dihadapi Lingkungan Peradilan Umum Ini Kemudian Akan Ditindaklanjuti Dan Dibahas Di Tingkat Rapat Pleno Mahkamah Agung Ri.

    • Penutupan Kegiatan Rapat Koordinasi Satgas Sipp Tahun Anggaran 2021

      pada Hari Jumat, 6 November 2021, Kegiatan Rapat Koordinasi Satuan Tugas Sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp) Tahun Anggaran 2021 Resmi Ditutup Oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita, Sh, Mh. Kegiatan Yang Dimulai Sejak 4 November 2021 Di Hotel Courtyar By Marriot Bali Ini Bertujuan Menindaklanjuti Dan Menyelesaikan Permasalahan Teknis Dalam Implementasi Sipp Dari Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi.

      kegiatan Rakor Telah Menyelesaikan Agenda Yaitu Reviu Monitoring Sipp Di Tingkat Pertama (pengadilan Negeri ) Dan Membuat Kerangka Monitoring Sipp Di Tingkat Banding (pengadilan Tinggi). Update Atau Pembaharuan Yang Diselesaikan Termasuk Perbaikan Pada Ketidaksesuaian Agenda Sidang, Pengisian Ruang Sidang Rekapitulasi Transaksi Pnbp Dan Menu E-doc Court Calendar. Kedepannya, Sipp Akan Terus Dikembangkan, Terutama Untuk Penelusuran Perkara Dan Monitoring Di Tingkat Banding.

    • Penandatanganan Berita Acara Hibah Antara Bank Btn Dengan Ditjen Badilum

      di Sela Rangkaian Rapat Koordinasi Dan Pembinaan Yang Dilakukan Di Hotel Trans Resort Bali, Pada Hari Jumat, 5 November 2021, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Serah Terima Dan Penandatanganan Berita Acara Hibah Dengan Pt. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk.  Berkas Acara Hibah Ditandatangani Oleh Yang Mulia Hakim Agung Selaku Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, S.h., M.h, Dengan Benny Yoslim, Sevp Wholesale Banking Pada Bank Btn.

      hibah Yang Diberikan Oleh Bank Btn Berupa Perangkat Teknologi Informasi Dan Jasa Perbaikan Pada Command Center Ditjen Badilum Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri, Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri, Jl. Ahmad Yani Kav 58, Jakarta. Hasil Dari Hibah Ini Digunakan Untuk Menunjang Kinerja Dan Koordinasi Ditjen Badilum Dengan Satuan Kerja Di Bawahnya. Penandatanganan Berita Acara Hibah Disaksikan Oleh Para Undangan Ketua Pengadilan Tinggi Se-indonesia.